Berita Terbaru
recent

2 Misteri Dibalik Kata Kondangan


BERITA UNIK - Kids jaman now yah rasanya sudah tidak asing lagi loh dengan kata KONDANGAN. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kondangan berarti menghadiri undangan perkawinan dan sebagainya (untuk mengucapkan selamat dan sebagainyaa). Akan tetapi, tahukah anda bahwa ada maksud lain di balik kata 'kondangan'?AGEN DOMINO

Kalau kalian menggunakan pendekatan bahasa Jawa, kondangan akan terdiri dari 2 kata; Kon + Ndangan.

1. KON

Dalam bahasa Jawa itu, kata 'kon' adalah dialek kulonan untuk kata 'kongkon'. Kata kongkon apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia itu langsung berarti suruh. Bisa juga menjadi kata yang diketik sesuai dengan pengucapan. Misalnya:

Wakmu dikon nyang pasar karo ibu. Apabila ditulis ke dalam bahasa Jawa yang benar, akan menjadi Awakmu dikongkon menyang pasar karo ibu. Dalam bahasa Indonesia artinya Kamu disuruh ke pasar sama ibu.


2. NDANGAN

Dalam bahasa Jawa, 'ndangan' ini sudah  terdiri dari kata ndang yang berakhiran -an. Kata ndang sering disebut untuk meminta seseorang supaya bergegas. Misalnya:

Ndang adus, wis di enteni kancamu, yang artinya buruan mandi, udah ditunggu itu dengan temanmu.
Apabila arti dari kedua kata digabung, akan membentuk suatu makna disuruh buruan. Kalau kamu datang ke acara pernikahan temanmu, artinya kamu kondangan ke sana. Makna tersembunyinya kalau kamu diundang kondangan berarti kamu disuruh buruan untuk menyusul teman kamu yang menikah.AGEN POKER

Jadi, masih mau kondangan sendirian?
Paling Aneh

Paling Aneh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.