Berita Terbaru
recent

Unik ! Tradisi Jaman Now Mengganti Baju Mayat


BERITA UNIK - Toraja adalah salah satu Kabupaten yang paling terkenal sekali dengan budayanya yang unik. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa budaya yang ada di Toraja inilah yang menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung ke Toraja.

Salah satu adat yang paling sering dinanti adalah ritual Ma'Nene atau biasa disebut ritual mengganti baju mayat. Tradisi ini dilaksanakan di Kecamatan Baruppu Kabupaten Tanah Toraja dan hanya dilaksankan sekali dalam setahun.AGEN DOMINO



Ritual Ma'Nene ini memang merupakan kegiatan mengganti baju mayat yang telah dikuburkan. Ritual ini dimulai dengan diambilnya mayat dari Patani (kuburan adat Toraja) kemudian langsung dikeluarkan lalu pakaian yang dikenakan mayat tersebut dilepas dan digantikan dengan kain atau baju yang telah disiapkan oleh anggota keluarga, setelah itu mayat pun dimasukkan kembali ke dalam Patani. Proses terakhir dalam ritual ini adalah dilakukannya ibadah keluarga. Upacara ini tidak memakan waktu yang lama hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit.


Ritual ini juga bertujuan untuk mempererat kembali jalinan silahturahmi antar keluarga, dikarenakan semua keluarga baik yang berada di Toraja ataupun diluar kota akan berkumpul kembali untuk menghdiri ritual tersebut.

Ini adalah salah satu kebudayaan yang paling unik di Toraja, yang masih dilestarikan sampai saat ini. Tradisi ini juga menjadi perhatian khusus bagi wisatawan dunia.AGEN POKER
Paling Aneh

Paling Aneh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.